7 OSI Layer

OSI (Open System Interconnection) adalah sebuah model arsitektural jaringan yang di kembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Sebelum muncul model OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda agar semua komputer yang berbeda vendor bisa saling berhubungan dengan ketentuan dari 7 OSI Layer ini. 7 OSI Layer arti nya 7 Lapisan OSI yang terdiri dari : Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, dan Physical. Berikut adalah Fungsi dari masing-masing OSI Layer :1. Application Menyediakan jasa bagi pengguna seperti aplikasi yang ada pada jaringan. Layer ini bertanggung jawab atas pertukaran informasi antar program komputer seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan.
2. Presentation
Bertanggung jawab mengkonversikan data dan format data untuk mentransfer data. Layer ini juga membentuk kode konversi, translasi data, dan enkripsi.
3. Session
Menjaga, memelihara dan mengatur koneksi antara 2 terminal agar mereka bisa saling berhubungan satu sama lain.
4. Transport
Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi end to end antar terminal, dan penanganan error.
5. Network
Menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang di ambil selama perjalanan dan menjaga antrian traffic data yang berbentuk paket data.
6. Data Link
Menyediakan link untuk data dan memaketkannya dalam bentuk frame yang berhubungan dengan hardware kemudian di transfer menggunakan kartu jaringan (NIC). Data Link juga mengatur komunikasi layer fisik antara sistem koneksi dan penanganan error.
7. Physical
Bertanggung jawab merubah data menjadi bit dan mentransfernya melalui media seperti kabel dan menjaga koneksi fisik antar system/terminal.
Tujuan penggunaan OSI Layer adalah Membantu para desaigner jaringan untuk memahami fungsi-fungsi dari masing-masing layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data termasuk protocol jaringan dan metode transmisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Fungsi Tentang CD-ROM dan CD-RW Drive

Jenis dan Cara Pengaturan BIOS