Pengenalan & Pemilihan Komponen Dasar Komputer

Pengenalan & Pemilihan Komponen Dasar Komputer
Berikutnya  kita akan mengenal lebih jauh komponen-komponen dasar computer, serta memilih tipe-tipe komponen mana yang ideal untuk kita gunakan pada computer kita.
Processor
Processor berfungsi sebagai pusat pengendali computer yang tentunya tidak bisa berjalan dengan sendirinya dan perlu dukungan komponen-komponen lainnya. Inti dari processor adalah kumpulan transistor yang diperkecil menjadi IC, kemudian diubah menjadi chip yang sering disebut ‘’Microprocessor’’. Processor saat ini ukurannya sudah mencapai micro, dengan satuan kecepatan GHZ. Tugas utama processor adalah mengolah data atau informasi yang diminta suatu aplikasi. Dapat dikatakan bahwa processor adalah otak dari sebuah computer.
Pada perkembangannya, banyak vendor pembuat  processor  diantaranya AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel, yang kemudian hanya menyisakan 2 perusahaan besar yang saling bersing, yaitu Intel dan AMD.
Motherboard / Mainboard
Ada beberapa kriteria dalam memilih motherboard diantaranya sebagai berikut.
Chipset   
Penentuan chipset sangatlah penting karena akan mendukung performance dari processor yang digunakan.
Slot Ekspansi
Adalah port tempat kita meletakan pheriperal/komponen tambahan untuk mendukung kebutuhan kita. Contoh slot ekspansi PCle 16x yaitu port yang terbesar atau slot pada motherboard yang biasanya digunakan untuk kartu grafis / VGA Card PCI Express. Beberapa motherboard mendukung hingga lebih dari satu slot. Konfigurasi multi-GPU dengan menggunakan dua buah graphics card atau lebih merupakan salah satu solusi untuk mendongkrak kinerja gaming. Solusi ini biasa digunakan oleh gamer maupun pengguna biasa jika sebuah graphics card sudah tidak mencukupi untuk menjalankan game kesayangan mereka dengan frame rate yang nyaman dimata. Bagi anda yang gemar bermain game tentu factor kanyamanan merupakan salah satu factor penting dalam bermain game. Slot yang lain diantaranya adalah PCle 8x, AGP, dan PCI.
Panel Belakang
Pada umumnya bebeapa seri motherboard menyertakan panel-panel seperti gambar dibawah ini, ada juga yang lebih baik  dengan tambahan Bluetooth dan wireless serta VGA HDMI out. Cari motherboard yang memiliki panel lengkap sesuai dengan kebutuhan jaman sekarang.
Gambar 37. Panel belakang.
Faktor Lainnya
Selain faktor-faktor di atas, yang tidak kalah penting adalah pemilihan merek. Nah,disini kita harus jeli terhadap beberapa vendor motherboard. Biasanya mereka bersaing dalam kelebihan fitur-fitur yang disematkan ke dalam produk mereka seperti fasilitas overclock, compatibility, support, dan yang terpenting adalah layanan purna jualnya. Beberapa vendor motherboard  yang terkenal antara lain ASUS, MSI, Gigabyte, ECS, Foxconn, Asrock, BIOStar, juga Sapphire Technology.
Ada 2 jenis motherboard dilihat dari form factor-nya, yaitu ATX dan micro-ATX. Dua standar ini lah yang popular dan banyak dipasaran. Pemilihan jenis motherboard akan menentukan dimensi / ukuran dari sebuah PC desktop, terutama dengan ukuran casing tempat motherboard nanti. Ukuran micro biasanya lebih sedarhana, sedangkan ATX lebih memudahkan kita untuk melakukan penambahan perangkat lain dalam menunjang performance dari PC rakitan nanti.
RAM / Memori
Ram, singkatan dari Random Acces Memory, di temukan oleh Robert Dennard dan selanjutnya diproduksi secara masal oleh perusahaan Intel pada tahun 1968.
Saat ini memori dengan teknologi DDR3 adalah pilihan yang tepat. Selain harganya yang lebih  murah, kecepatannya dalam menyimpan dan membaca data sangat cepat disbanding dengan teknologi sebelumnya(DDR 1 dan DDR 2). Untuk kapasitas, sesuaikan dengan kebutuhan minimal 2 GB, dan maksimal tergantung dari dukungan motherboard. Manfaatkan juga teknologi memori sekarang(dengan dukungan motherboard), dual channel atau yang terbaru adalah triple channel.
Harddisk
Harddisk (HDD) berfungsi sebagai media penyimpanan utama dalam PC atau laptop kita.
Komponen-komponen dari sebuah harddisk :
a.Disk/cakram
semua program,sistem operasi,aplikasi,serta dokumen dan lain sebagainya disimpan di bagian penting hdd yang disebut disk/cakram.
b.Eye/mata
bagian yang bertanggung jawab dalam menyimpan dan membaca data dari disk.
c.pemutar/spindle
fungsi alat ini adalahmemutar dengan kecepatan yang sangat tinggidalam menyimpan dan membaca data.
d.motor
e.(PCB) Circuit Board
f.Kabel dan Konektor
g.Jumper
h.HDD lama tipe IDE memiliki semacam pin jumper di dekat konektor data dan power.
 
ada dua jenia Harddrive saat ini diantaranya adalah :
a)Traditional Harddrive dengan sistem kerja mekanis lebih lambat ,akan tetapi lebih murah,serta memiliki kapasitas yang besar.
b)solid state drive atau SSD memiliki effcient dan tidak berisik,dan pastinya lebih cepat.akan tetapi harganya lebih mahal dan kapasitasnya masih kecil untuk saat ini.ukurannya biasanya 2,5 inci
RPM adalah putaran harddisk per menit. Hal ini menunjukan seberapa cepat spin piringan berputar alam satuan waktu menit. Semakin cepat mereka berputar, semakin cepat akses data, tapi harddisk pun akan terasa lebih berisik serta mengkonsumsi daya lebih. Rekomendasi untuk kecepatan minimum rpm adalah 7200.
·         1.024 Gigabytes  (GB) = 1 Terabytes (TB)
·         1.024 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
·         1.024 Petabytes (PB) = 1 Exabytes
·         1.024 Exabytes = 1 Zettabytes
·         1.024 zettabytes = 1 Yottabytes
Ukuran Harddisk saat ini ada yang memiliki ketebalan hanya 5mm. Harddisk ini di aplikasikan untuk laptop ultrabook masa depan. Intel kembali mengeluarkan spesifikasi baru bagi Ultrabook. Saat ini Harddisk untuk ultrabook memiliki ketebalan 9.5 mm dan form factor 2.5 inci. Sedangkan untuk drive pembaca optimal media, maksimum memiliki ketebalan 7 mm. Western digital telah mengembangkan harddisk dengan tebal 5 mm sedangkan Panasonic menyiapkan media optical drive 7 mm. Di perkirakan kapasitas harddisk 1 TB dengan tebal 5 mm akan tersedia bagi ultrabook di tahun 2015.
GPU (Graphics Processing Unit)
Kartu grafis adalah processor terpenting kedua disistem computer. Grafis unit pengolahan gambar ini (VGA) memiliki 3 tipe diantaranya:
a)      Onboard (sudah disediakan oleh motherboard), dengan fasilitas ini kita perlu membeli VGA tambahan untuk kinerja  grafis yang optimal.
b)      Onboard model APU (disediakan oleh processor tipe AMD), juga harus didukung oleh motherboard.
c)      VGA card /kartu VGA, kita membeli terpisah. Perhatikan ketersediaan SLOT VGA yang ada di motherboard, jangan sampai salah slot, atau bahkan slot tidak disediakan oleh motherboard.
Optical Drive (DVD-rom, DVR-RW,Blu-Ray)
Untuk proses instalasi dan aplikasi multimedia, kita memerlukan optical drive seperti DVD-RW drive atau yang terbaruadalah blu-ray. Dengan media ini kita dapat melakukan instalasi menggunakan disc serta dapat menyimpan data lebih banyak dalam bantuk piringan CD.

Heatsink/Pendingin Processor
Setiap CPU modern membutuhkan heatsink dan kipas untuk membuat processor tetap dingin dan bekrja secara optimal. Suhu processor harusllah dijaga agar tidak terlalu panas. Jika tiak, maka resiko yang harus kita alami adalah computer akan sering hang atau bahkan processor bisa rusak. Sebenarnya jika kita membeli processor baru, heatsink original sudah termasuk dalam paketnya. Namun, hal ini tidak berlaku jika anda membeli processor jenis tray (non box/OEM).
Heatsink  pabrikan didesain untuk kerja processor standar (tidak di-overclock). Artinya, kita tidak dapat menggunakan heatsink original pada processor yang di-overclock.

Monitor
Monitor computer adalah perangkat device computer yang bertugas menampilkan gambar pada layar monitor hasil dari output dari controller grafis (VGA card). Resolusi monitor merujuk pada ukuran gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor dan diukur dalam satuan pixel, dimana 1 pixel adalah satu titik pada layar monitor. Semakin tinggi resolusi suatu monitor, makin tajam gambar yang dihasilkan. Gambar yang baik memungkinkan anda menampilkan elemen lebih kecil pada layar monitor. Resolusi dinyatakan dalam bentuk pixel, baik dalam arah horizontal dan vertical seperti 800x600, 1024x768, dan lain sebagainya.
ada dua jenis monitor yang dikenal saat ini yaitu:
  1. LCD/LED Flat-panel monitor
dibuat dengan menggunakan kristal cair backlit untul menghasilkan gambar pada layarplastik transparan layar datar.Kelebihan LCD monitor yaitu banyak digemari saat ini karena hemat listrik,hemat ruang,memiliki kualitas gambar lebih tajam,serta terlihat benar-benar modern.Teknologi berkembang selanjutnya adalah penggantian  CCFL yang ada  di monitor LCD dengan Light Emitting Diode (LED).Teknologi ini menggantikan dioda sehingga bisa menghasilkan neon CCFL yang  dipakai di LCD.Hasilnya adalah lebih terang dari pada LCD dan lebih fokus.
Perbedaan LED dan LCD :
  • LCD adalah Liquid Crystal Display,sebuah jenis dari layar.Layar LCD ini tipis dan hemat energi daripada layar CRT/cembung,sehingga efisien dalam penggunaannya.
  • LCD merupakan teknologi yang lebih baru menggunakan LED,sehingga lebih hemat energi dan lebih jernih.Kalau dibandingkan layar LCD akan terlihat lebih putih/terang.



    2.CRT (Cathode Ray Tube)
    monitor menggunakan teknologi analog yang bekerja dengan menggunakan aliran elektron terus-menerus untuk membuat gambar pada layar.cara ini membuat kartu grafis mengubah sinyaldigital komputer menjadi sinyal analog agar gambar pada monitor CRT dapat terlihat.
    Kelebihannya:
  • harga yang tidak mahal
  • warna yang lebih baik,sehingga game,film DVD ,dan acara TV terlihat lebih baik daripada LCD.
  • semua sudut pandang monitor CRT lebih baik dibanding LCD.
  • akurat dapat menampilkan beberapa resolusi dan refresh rate.
    Kekurangannya:
  • dimensi yang lebih besar daripada LCD.
  • Fosfor dalam CRT dapat habis,sehingga membuat gambar pada monitorlama-lama semakin tidak terlihat baik.
  • listrik yang lebih boros
  • fokus di sekitar tepi luar kurang tajam daripada di tengah
  • menghasilkan radiasi magnetik dan elektromagnetik serta menghasilkan panas.

Case (casing)

Pertimbangan dalam memilih casing adalah :
·         Bentuk yang kokoh dan modis
·         Power supply yang baik (kipas power yang tidak berisik, daya power supply yang maksimal/pure, juga bergaransi).
·         Ketersediaan media tambahan (port usb, speaker, mic di panel).
·         Bentuk interior yang membantu aliran udara dalam proses pendingin komponen didalamnya.
Power Supply
Unit ini sering diabaikan. Power supply (PSU) bisa dibilang komponen paling penting di PC. Kebanyakan masalah teknis disebabkan karena power supply rusak. Biasanya power supply sudahdidapat ketika kita membeli sebuah casing, namun ada baiknya kita menggunakan casing dengan merek yang sudah dikenal dan dijamin garansinya. Daya yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan computer nantinya, ditambah komponen didalamnya, atau bahkan dilakukan overclock. Rekomendasi daya sebuah PSU saatini 600w atau lebih,dan pastikan bahwa daya yang ditawarkan adakah murni (pure).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Fungsi Tentang CD-ROM dan CD-RW Drive

Jenis dan Cara Pengaturan BIOS