Perangkat Lunak Komputer

Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer dapat diartikan juga sebagai komponen yang tidak dapat dilihat secara fisik. Berdasarkan kegunaannya, Sofware Komputer di golongkan ke dalam tiga bagian, yaitu : Sistem Operasi, Aplikasi, dan Language Software. Berikut Penjelasan bagian-bagian dari Software Komputer :
1. Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan Hardware Komputer. Sistem Operasi mempunyai beberapa tugas, yaitu :
  • Interface : Penghubung antara pemakai (user) dengan komputer (Hardware).
  • Resource Process : Mengelola sumber daya yang terdapat pada komputer seperti RAM dan ROM.
  • System Call : Menyediakan sekumpulan layanan ke pemakai sehingga dapat mempermudah dan menyamankan pemakai dalam memamfaatkan sumber daya sistem komputer.
Contoh dari Sistem Operasi seperti Windows XP, Linux, DOS, Machintos, dll.
2. Aplikasi
Aplikasi adalah suatu subkelas Software Komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
Contohnya : Microsoft Office, Open Office, System Mechanic, WinASO, Driver Genius, PC Inspector File Recovery, dll
3. Language Software
Language Software adalah suatu bahasa pemrograman yang dapat dimengerti oleh manusia dan komputer. Language Software terbagi 2, yaitu :
  • High Level Language adalah Bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia. Contohnya : Visual Basic, Java, Delfi, Pascal, dll.
  • Low Level Languange adalah Bahasa yang dapat dimengerti oeleh Komputer. Contohnya : Bahasa pemrograman Assembler.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Fungsi Tentang CD-ROM dan CD-RW Drive

Jenis dan Cara Pengaturan BIOS