Troubleshooting Jaringan
TROUBLESHOOTING PADA JARINGAN DAN PENANGANANNYA (
Error Handling )
Membangun jaringan wireless komputer
sederhana dirumah atau dikantor kecil adalah cukup mudah dilakukan dengan
tersedianya berbagai macam perangkat jaringan terutama wireless router yang
sudah terintegrasi dengan modem seperti DSL-2640 D-Link atau DGND3300 NETGEAR. Akan tetapi terkadang
tidak sesederhana seperti dalam teorinya, masalah jaringan kerap kali terjadi
yang memaksa kita sendiri harus melakukan troubleshooting jaringan tersebut.
Troubleshooting
jaringan
kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah2 untuk mengeliminir potensi2
masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan sumber masalah tersebut.
Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan troubleshooting jaringan
wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi masalah; troubleshooting
masalah; dan bila perlu menghubungi technical support yang tepat.
Mengisolasi
Masalah
Sebelum
melakukan troubleshooting jaringan, kita perlu melokalisasi atau
mengisolasi apa yang menjadi akar dari masalah tersebut. Artikel ini
dikhususkan pada jaringan wireless dirumahan atau dikantor kecil, walaupun
teorinya bisa diterapkan pada metoda troubleshooting masalah jaringan di corporate network
juga. Umumnya pada jaringan wireless dirumah atau dikantor kecil, terdapat tiga
layer seperti terlihat pada gambar diagram dibawah ini, yaitu Internet, modem /
router, dan komputer pada jaringan. Kita harus bisa mengisolasi di layer yang
mana masalah tersebut berada sebelum kita melakukan troubleshooting jaringan
dengan efektif.
Layer
Jaringan untuk isolasi masalah jaringan di rumah
Walaupun
mungkin saja kita bisa memperbaiki hampir semua masalah jaringan, mengetahui di
layer mana akar masalah nya adalah sangat membantu kita jika seandainya
situasinya memaksa kita harus menghubungi technical support misal ke vendor
atau ke ISP jika sudah mentok tidak bisa memperbaikinya setelah kita melakukan
troubleshooting jaringan tersebut.
Bagaimana
cara mengetahui di layer mana akar masalah nya, kita bisa mengikuti langkah
berikut dengan asumsi komputer kita menggunakan Windows XP / Vista.
- Click Start
=> Control Panel => Click Network and Internet Connections
- Dibawah Network
and Internet Connection => Click Network Connection
- Sekarang kita
bisa melihat status dari koneksi NIC network adapter pada komputer kita
dibawah Network Connections window dengan kemungkinan status
sebagai berikut:
A
> Status adalah Connected akan tetapi tidak bisa akses internet
Connected
Status
Status
ini menunjukkan bahwa komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna,
yaitu terhubung kepada router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas.
Jika jaringan wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan
baik. Hal ini menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
Untuk
bisa melakukan troubleshooting jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti
langkah berikut ini.
- Pastikan terlebih
dahulu dengan membuka browser internet kita dan check ke website tertentu
misal saja ke www.computer-network.net atau ke www.wireless-router-net.com
atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi
website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan
anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya
rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet
kemanapun, teruskan langkah berikut.
- Lepaskan
sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat
barang semenit kemudian koneksikan lagi.
- Lepaskan
sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem
dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung
lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router
dan modem.
- Restart komputer
anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases
website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa
mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa
mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth
sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau
banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer
lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan
sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka
lakukan langkah berikut ini.
- Jika anda
mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke
wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem.
Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses
ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router
anda.
- Jika langkah
tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan
ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan IS P anda. Telpon
ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.
B
> NIC atau wireless adapter status disabled
Disabled
status
Jika
gambar status diatas ini buram abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan
Disabled. Ada seseorang yang secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin
anda sendiri yang iseng coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik
kanan icon tersebut dan pilih Enable.
C
> limited or no connectivity Status
Limited
or no connectivity status
Kondisi
limited or no connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan
komputer anda, koneksi ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi
konfigurasi wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan
konfigurasi DHCP pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem
dan internet (jika fihak ISP memberikan layanan
DHCP kepada clients).
Troubleshooting
jaringan dengan status limited or no connectivity ini disebabkan
beberapa masalah berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router
atau adapter yang tidak dikonfigure dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini
untuk troubleshooting jaringan dengan status ini.
- Klik kanan
adapter tersebut dan pilih Repair. Perhatikan apakah sudah normal
connected atau masih limited. Langkah ini memastikan untuk mendapatkan IP
address dari DHCP server.
- Buka property
TCP / IP dari adapter anda dan pastikan bahwa TCP/IP
konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
- Putuskan koneksi
ke modem, tunggu sebentar dan koneksikan lagi.
- Jika ada
wireless router terpisah dengan modem, putuskan koneksinya – tunggu
beberapa saat dan hubungkan lagi.
- Restart komputer
anda
- Sampai langkah
ini masih juga status limited, maka lihat konfigurasi router atau apakah
konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
- Restart komputer
anda. Jika status masih Limited or no connectivity , dan jika wireless
komputer dan modem terpisah, cobalah putuskan modem dan router terus
koneksikan komputer anda langsung ke modem. Restart komputer dan periksa
apakah status sudah berubah.
- Jika masih juga
status limited, hubungi ISP anda. Status ini menunjukkan adanya DHCP gagal
fungsi tidak bisa memberikan IP address ke clients. Biasanya fihak ISP
memberikan konfigurasi DHCP kepada clients.
D
> Cable terputus atau lepas
Status
kabel jaringan terputus
Kondisi
ini menunjukkan koneksi kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.
- Periksa apakah
ada kebel terlepas
- Jika kabel sudah
terhubung sempurna ke router / Switch, cobalah swap ke port lain pada
router / Switch. Anda juga bisa memeriksa status lampu pada router atau
switch saat kabel terhubung ke komputer nomor berapa port tersebut
terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika ada hubungan ke wireless router
/ switch pada port yang bersangkutan.
- Jika masih juga
status terputus, cobalah ganti kabel jaringannya dengan yang baru
atau coba pinjam dengan kabel yang terbukti jalan dari komputer sebelah.
- Jika masih
status terputus, sementara komputer lain jalan – maka anda bisa mencurigai
adapter anda rusak. Gantilah dengan
yangbaru.
E
> Wireless adapter tidak dapat terhubung kepada wireless network
Tidak
ada koneksi ke wireless network
Status
ini menunjukkan koneksi wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless
anda. Ada dua kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke
wireless network anda, atau koneksi wireless intermittend.
Komentar
Posting Komentar